Monday, November 9, 2015

Tips Memilih Kipas Angin (Ceiling Fan) Ruangan Anda

 
Tren akan hemat energi yang saat ini tengah digalakkan berbagai kalangan di seluruh negara yang ditujukan untuk mengatasi pemanasan global, ada baiknya Anda menimbang efektivitas penggunakan energi di rumah Anda. Di beberapa negara maju, penggunaan kipas angin plafon atau ceiling fan lebih dipilih daripada AC. Namun ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika membeli kipas angin, diantaranya:
  
1. Luas Ruangan. Beberapa pedoman praktis pemilihan kipas angin berdasarkan luas ruangnya : 1) Apabila ukuran ruang 8 x 10 kaki maka Anda bisa memilih kipas angin berukuran 30 inci; 2) Apabila Anda memiliki ukuran ruang 12 x 12 kaki maka Anda bisa memilih kipas angin berukuran 42 inci; 3) Ruangan dengan dimensi yang lebih besar, misalnya sampai 18 x 20 kaki bisa menggunakan kipas angin berukuran 52 inci; 4) Ruangan yang lebih besar lagi bisa menggunakan 2 kipas angin.

2. Tinggi Ruangan. Hal berikutnya yang menjadi faktor penting untuk diperhatikan ialaah ketinggian ruangan. Peletakan blades atau baling-baling kipas angin sebaiknya tidak kurang dari 8 kaki dari lantai (letak minimal paling aman adalah 7 kaki dari lantai) untuk hasil maksimal dalam rotasi udara. Pilih kipas angin yang disertai pipa extended-nya sehingga Anda bisa mengatur tinggi-rendahnya sesuai kebutuhan Anda. Namun untuk langit-langit tipe katedral, pilih salah satu model yang dapat digunakan dengan remote control.

 

3. Peletakan Kipas Angin. Perhatikan pemasangan di ruang tertentu, jangan sampai posisinya membahayakan orang-orang yang berada di bawahnya. Misalnya, pemasangan kipas angin langsung di atas tempat tidur Anda. Usahakan untuk memasangnya di sekitar atas posisi kaki Anda ketika Anda dalam posisi tidur agar tidak membahayakan diri Anda.

4. Hati-hati Saat Pembelian. Jika memungkinkan pembelian kipas angin di toko-toko lokal umum apalagi dengan iming-iming discount karena biasanya harga yang ditawarkan tidak setara dengan kualitas kipas angin. Sebaiknya Anda memilih toko lokal khusus bangunan atau agen resmi penjual produk. Karena penawaran kualitas kipas angin yang bagus dengan harga kompetitif dapat didapatkan di toko-toko resmi. Anda mungkin juga dapat melihat secara online merk kipas angin tertentu beserta detail produknya, namun selalu disarankan agar Anda melihat kondisi langit-langit ruang Anda sebelum mengambil keputusan jenis dan model ceiling fan yang akan Anda pilih.

(Keterangan : 1 kaki = 30 cm)

2 comments:

  1. Jual kipas angin murah online - klik http://candielektronik.co.id

    ReplyDelete
  2. Terima kasih buat tipsnya. Sangat bermanfaat sekali. Jika anda sedang mencari / ingin membeli kipas angin atau peralatan elektronik rumah tangga lainnya, silakan kunjungi toko elektronik online - Candi Elektronik

    ReplyDelete